Latest News

Hukum ( Part 4 )


Hukum
Lambang Hukum

A.     A. Kesimpulan

          Disini penulis akan mengemukakan kesimpulan-kesimpulan dari artikel mengenai hukum yang telah ditulis sedemikian rupa sejak awal di Blog Suara Hati dari Part I sampai Part III”.
Kesimpulan-kesimpulan tersebut merupakan ide pokok atau kalimat utama dari sub  BAB I, sub BAB II dan sub BAB III :
1.              Negara hukum adalah negara, termasuk didalamnya pemerintah dan alat-alat perlengkapan negara lainnya
2.              Suatu negara baru dapat dikatakan sebagai negara hukum apabila negara tersebut mempunyai syarat-syarat tertentu.
3.              Setiap negara hukum harus mempunyai prinsip-prinsip untuk mewujudkan tegaknya keadlian di sustu negara.
4.              Hukum formal adalah peraturan hukum yang mengatur tentang cara bagaimana mempertahankan dan menjalankan peraturan hukum material.
5.              Dalam menyelesaikan masalah, kehakiman memiliki wewenang yang bebas, tidak ada lembaga negara lainnya yang ikut campur.
6.              Fungsi hukum acara perdata yaitu meyelesaikan masalah dalam mempertahankan kebenaran dan penuntutan.
7.              Dalam hukum acara pidana yaitu tata cara penangkapan, penahanan, penyitaan, penggeledahan dan penuntutan.
8.              Hukum perdata adalah ketentuan-ketentuan yang mengatur dan membatasi tingkah laku manusia dalam memenuhi kepentingan (kebutuhan) nya.
9.              Dalam ilmu pengetahuan hukum, hukum perdata mengatur tentang kepentingan perseorangan antara lain : hukum pribadi, kukum keluarga, hukum kekayaan dan hukum waris.
10.          Hukum pidana adalah hukum yang mengatur pelanggaran-pelanggaran dan kejahatan-kejahatan terhadap kepentingan umum dan perbuatan mana diancam dengan sanksi pidana tertentu.
11.          Peristiwa pidana atau juga disebut tindak pidana (Delict) adalah suatu perbuatan atau rangkaian yang dapat dikenakan hukuman pidana.

Post a Comment