Latest News

N70 Blank Putih Solution


Tampilan Blank pada ponsel nokia N70 dan yang lainnya banyak sekali penyebabnya di antaranya yang bisa saya sebutkan sebagai berikut:


1. Bisa karena konektor LCD yang korosi
2. bisa karena emif LCD yang berada di atas batrai backup
3. Bisa karena IC SMPS
4. Bisa karena Omap
5. Bisa karena terputusnya jalur
6. atau bahkan bisa karena programnya sendiri dll

Jadi sangatlah banyak yang menjadi penyebab kasus blank pada ponsel pada umumnya...Dan sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pada ponsel satu dengan ponsel yang lainnya kalaupun memiliki kasus yang sama akan tetapi penyebab kasus tersebut bisa berbeda-beda.

Saya sendiri pribadi pernah menangani kasus nokia n70 blank yang diselesaikan dengan cara software (flash) ulang, ada juga yang diselesaikan dengan mengganti 2 emif LCDnya dan ada juga karena IC SMPS.

Nah kali ini saya mendapatkan kasus pada nokia n70 blank...dan merupakan operan servis dari countr lain. Si yang bawa ponsel bilang ke saya bahwa itu karena software, akhirnya saya langusng hubungkan dengan flasher box ups3 tornado...

Apa hasilnya....? setelah konek saya coba tekan check ternyata keluar pesan "1 st boot err", saya coba ganti dengan kabel yang lain juga hasilnya sama 1 st boot err.

Saya pikir ini karena adanya tegangan kerja CPU yang kurang atau tidak ada....

Saya kemudian menghubungkan ponsel dengan power supply (ps) untuk meluhat konsumsi arus dari ponsel tersebut...detelah dikonekkan saya nyalakan PS nya tahu-tahu arus naik sebelum tombol on/off ditekan....Wah ini ponsel ternyata short juga.

Berikutnya yang saya lakukan adalah membuka ponsel dan memerikasa komponene penyebab short, saya perhatikan ternyata tidak ada komponen yang mencurigakan.

Okelah ini dia trik yang saya lakukan, saya coba kenekkan lagi ponsel kali ini dalam keadaan terbuka kemudian saya nyalakan PSnya kembali, disaat itu saya mulai meraba komponen-komponen ponsel mungkin ada yang panas. Benar saja ketika jari saya berada di IC SMPS saya merasakan panas pada IC tersebut..

PS saya matikan kemudian melakukan angkat ic smps...setelah di angkat, saya cek lagi dengan multitester hasilnya short hilang. Berarti awal mula kasus blank nokia yang saya terima ini karena IC smps yang short sehingga tidak menghasilkan tegangan vcoreA yang normal 1.4volt. (gambar 1) Dan regulator sebagai penghasil tegangan untuk Combo flash pun bermasalah yang seharusnya 1.8 volt tapi yang terukur 1.3 volt (gambar2).



gambar: 1



Gambar:2

Akhirnya saya copot juaga regulatornya dan melakukan jumper untuk vcoreA yang merupakan output dari IC SMPS dari vcore yang lain dan menjumper tegangan output dari regulator 1.8volt dari vio atau vdram (anda bisa pilih salah satu).


Jadi di sini, IC smps dan regulator APE tidak kita gunakan lagi karena sudah terwakili oleh 2 jumper tersebut.

Ok, dari sisi teori kalau yang bermasalah hanya apda kedua tegangan output tersebut maka seahrusnya ponsel sudah bisa di check dan di flash ulang. kali ini saya gunakan flasher box JAF, saya cona check dan info bisa akan tetapi ada keterrangan pada saat info APE VAriant:?..Berarti si ponsel masih bermasalah pada Combo Flashnya.

Saya coba mau menggoyang IC combo Flashnya tapi saya perhatikan ternyata ICnya di lem, wah tambah kerjaan...

Akhirnya saya kasikan lagi ke countr yang bawa ponsel tersebut. Selesai...:)

Post a Comment